
Teknologi.id- Toyota Motor Asia Pacific Pte Ltd, yang merupakan entitas anak perusahaan Toyota Motor Corporation yang berbasis di Singapura, telah resmi mengakuisisi 40% saham PT Astra Digital Mobil yang merupakan anak usaha dari PT Astra International Tbk (ASII), dengan nilai transaksi dari akuisisi mencapai Rp. 2 Triliun. Langkah strategis ini memperkuat kemitraan antara Toyota dan Astra di sektor mobilitas digital, khususnya dalam bisnis jual beli mobil bekas di Indonesia.
Akuisisi Stategis di Tengah
Transformasi Dgital
Mengutip
investor.id, Presiden Direktur Astra, Djony Bunarto Tjondro pada Selasa (6/5/2025),
menegaskan bahwa kemitraan ini merupakan langkah strategis jangka panjang
perusahaan untuk memperluas portfolio bisnis berkelanjutan. Ia menyatakan bahwa
Astra akan terus berupaya untuk mengoptimalkan bisnis inti sambil berinvestasi
pada sektor-sektor yang memiliki skala pengembangan besar dan prospek
pertumbuhan yang tinggi. Menurutnya, pasar mobil bekas di Indonesia saat ini
masih sangat terfragmentasi, sehingga terdapat peluang besar untuk menciptakan
nilai tambah melalui transformasi pada sektor ini.
PT Astra Digital
Mobil dikenal sebagai entitas yang mengelola berbagai platform digital untuk
jual beli mobil bekas, termasuk OLXMobbi, yang merupakan hasil penggabungan
antara mobbi, OLX Autos dan mobil88. Dengan aksi akuisisi ini, Toyota tidak
hanya memperluas portfolio bisnisnya di Asia Tenggara, tetapi juga memperkuat
posisinya dalam ekosistem mobilitas digital di Indonesia.
Sebelumnya,
diketahui pada juli 2022 yang lalu, Astra dan Toyota juga telah membentuk
perusahaan patungan bernama PT Mobilitas Digital Indonesia (MDI) dengan kepemilikan
saham masing-masing 50%. MDI berfokus pada layanan penyewaan kendaraan
komersial dan logistic, serta mengoperasikan platform MODA dan Movic. Langkah
akuisisi saham Astra Digital Mobil oleh Toyota ini semakin memperkuat sinergi
antara kedua perusahaan dalam menyediakan solusi mobilitas yang komprehensif di
Indonesia.
Dengan akuisisi ini, konsumen di Indonesia dapat mengharapkan peningkatan layanan dalam hal kualitas, transparansi, dan kemudahan dalam proses jual beli mobil bekas. Kolaborasi antara Toyota dan Astra melalui ADMO dan MDI diharapkan dapat menghadirkan ekosistem mobilitas yang terintegrasi, dan memanfaatkan teknologi digital untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah serta berkembang setiap harinya.
(maf)