apa itu RCS
Foto: Bloomreach

Teknologi.id - Dalam era digital seperti saat ini, teknologi komunikasi menjadi media penghubung antara bisnis dan pelanggan. Sebelumnya, SMS telah menjadi standar komunikasi mobile yang paling banyak digunakan.

Namun, terdapat keterbatasan dalam menyampaikan pesan multimedia dan interaktif, sehingga semakin ditinggalkan oleh pengguna.

Disinilah teknologi komunikasi bernama RCS (Rich Communication Services) hadir sebagai evolusi teknologi perpesanan yang dirancang untuk dapat menggantikan SMS dengan pengalaman komunikasi yang lebih baik.

Baca Juga : China Andalkan AI untuk Reformasi Pendidikan: Siap Jadi Raja Inovasi Dunia?

Apa Itu RCS?

RCS merupakan standar komunikasi berbasis protocol IP yang dikembangkan oleh GSMA untuk dapat meningkatkan kualitas pengiriman pesan di perangkat mobile. Tidak seperti SMS dan MMS yang terbatas pada teks dan gambar kecil, RCS memungkinkan pengguna untuk :

  • ·         Mengirim pesan teks panjang dan media lainnya
  • ·         Melihat status pesan seperti sedang mengetiik dan telah dibaca.
  • ·         Berinteraksi melalui tombol tindakan langsung dalam percakapan
  • ·         Mengikuti alur chat otomatis yang didesain seperti aplikasi
  • ·         Menggunakan grup chat dengan fitur yang lengkap.

Secara teknologi, RCS memanfaatkan jaringan data (Wi-Fi atau seluler) untuk menyampaikan pesan, mirip seperti aplikasi pesan instan namun tetap terintegrasi dengan aplikasi bawaan ponsel dan nomor telepon penggunanya.

Baca Juga : 5 Platform Digital untuk Jual Beli Emas Tanpa Harus Ngantri

RCS Sebagai Alat Strategis dalam Bisnis

Teknologi RCS membawa lompatan besar dalam komunikasi bisnis modern. Dengan fitur yang mendekat aplikasi chat, RCS memungkinkan brand untuk dapat membangun interaksi pelanggan yang lebih kuat, personal dan efisien tanpa memerlukan aplikasi tambahan dari pengguna.

Dampak RCS untuk bisnis:

  • ·         Meningkatkan customer engagement melalui pesan interaktif
  • ·         Memperkuat kepercayaan dengan identitas pengirim yang terverifikasi
  • ·         Meningkatkan efisiensi melalui alur chatbot dan pesan otomatis
  • ·         Mengurangi friction karena pelanggan tidak perlu menginstal aplikasi lain

RCS juga sangat relevan untuk sektor-sektor seperti retail, perbankan, maskapai penerbangan, hingga layanan public yang membutuhkan komunikasi real-time, visual, dan terpercaya.

Baca Juga : Ucapan 'Tolong' dan 'Terima Kasih' ke ChatGPT Rugikan OpenAI Ratusan Miliar

Beberapa Contoh Platform dan Software yang Mendukung RCS

1. Twilio

Salah satu yang cukup populer adalah twilio, Twilio merupakan media komunikasi berbasis cloud, dan menyediakan API RCS yang memungkinkan perusahaan membangun pesan dinamis dan otomatis ke pelanggan. Twilio menggabungkan RCS dengan SMS fallback, sehingga pesan tetap terkirim meskipun RCS sedang tidak tersedia.

2.      InfoBip

Platform komunikasi omnichannel ini memberikan layanan RCS dengan dashboard kampanye visual dengan integrasi chatbot. Cocok untuk perusahaan yang ingin menyampaikan promosi, update transaksi, atau layanan pelanggan melalui chat yang dipersonalisasi.

3.      Sinch

Sinch merupakan platform yang menghubungkan bisnis dengan pelanggan melalui berbagai saluran, termasuk RCS. Sinch menawarkan solusi untuk e-commerce, logistic, dan layanan keuangan, dengan pengiriman pesan RCS yang aman dan mudah dipantau.

4.      Google Business Messages

Google melakukan adopsi RCS melalui kemitraan dengan operator dan produsen ponsel. Layanan ini memungkinkan perusahaan membuat pengalaman chat langsung dari Google Messages, termasuk fitur seperti quick replies, carousels dan gambar produk.

Baca Juga : Telah Seminggu IPO, Saham Fore Coffee Hari Ini Merah, Apakah Wajar?

Bagaimana Masa Depan RCS?

Dari sisi teknologi, RCS terus berkembang dengan Upaya menuju enkripsi end-to-end, peningkatan kecepatan pengiriman, dan integrasi yang lebih dalam ke sistem Android. Google bahkan telah menyatakan komitmennya menjadikan RCS sebagai standar komunikasi global untuk Android, layaknya iMessage di IOS.

Namun Adopsi RCS masih menghadapi tantangan seperti dukungan operator yang belum merata dan persaingan ketat dari aplikasi pesan instan. Meskipun demikian, dalam konteks komunikasi bisnis, RCS menempati psosi unik yakni kombinasi antara SMS dan fitur chat modern langsung dari aplikasi bawaan pengguna.

Baca Berita dan Artikel lainnya di Google News

(maf)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar