Baru Saja Terima Pinjaman, Kodak Eastman Diinvestigasi

Indah Mutia Ayudita . August 05, 2020

Ilustrasi. Foto: Reuters / Steve Marcus

Teknologi.id - Baru saja perusahaan kamera Kodak Eastman menerima pinjaman dari pemerintah Amerika Serikat untuk mendirikan perusahaan farmasi, tim Dewan Perwakilan Demokrat Amerika Serikat melakukan investigasi terhadap perusahaan tersebut.

Dalam sebuah surat yang dirilis pada hari Rabu waktu setempat, pemimpin kelompok Demokrat termasuk Maxine Water meminta Korporasi Keuangan Pembangunan Internasional AS yang bertanggung jawab mengatur pinjaman untuk membuka komunikasi mengenai pinjaman yang diberikan kepada Kodak.

Baca juga: Kodak dapat Dana USD 765 Juta dari Pemerintah AS untuk Bikin Pabrik Obat

Mereka juga menanyakan mengapa pemerintah mendukung Kodak, sebuah perusahaan yang diambang kebangkrutan pada tahun 2012 dan tidak berhasil ketika merintis usaha farmasinya dan sekarang sedang berupaya untuk memproduksi sampai 25% kebutuhan komponen obat-obatan domestik.

Pada tanggal 28 Juli, pemerintah AS mengumumkan akan membantu Kodak untuk merintis bisnis produksi obat dengan cara memberikan pinjaman dana sampai USD 765 juta.

Saham perusahaan meroket sampai 2.190% hanya dalam dua hari. Kenaikan lebih dari 20% sehari sebelum pinjaman ini diumumkan menarik perhatian karena ada opsi saham yang diberikan kepada CEO Kodak Jim Continenza dan eksekutif lainnya.

Grafik Saham Kodak Eastman. Foto: Markets Insider

Baca juga: Akun Donald Trump Jr. Diblokir Sementara oleh Twitter, Kenapa?

Pada hari Selasa, Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) melakukan investigasi mandiri terhadap pergerakan saham yang tidak wajar ketika pinjaman diumumkan.

Investigasi dari SEC didesak oleh Senat Elizabeth Warren yang menyebutkan hal ini hanyalah sebagian kecil dari aktivitas perdangan 'tidak biasa' yang melibatkan keputusan besar presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Para pimpinan Demokrat menyarakan kekhawatirannya terhadap kurangnya pengalaman Kodak dalam bidang farmasi dan opsi saham yang ditawarkan kepada para pimpinan perusahaan sebelum pinjaman secara resmi diumumkan

(im)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Related News