Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Sistem Manajemen Stok!

Onstock Indonesia . April 09, 2021

Foto: Interlake Mekalux

Memiliki bisnis sendiri adalah tentang banyak hal - memasarkan bisnismu, membuat target penjualan, melakukan produksi dan quality control produk, hingga mengelola persediaan produk. Hal terakhir yang disebutkan dapat dibilang sebagai yang lumrah dihadapi, apapun itu. Terkadang, lupa kalau stok barangmu sudah hampir habis, kebingungan dengan jumlahnya, repot melakukan penghitungan dengan manual, hingga lupa tanggal kadaluarsanya.

Lalu, apa solusi untuk menangani masalah-masalah di atas yang terkait dengan stok barang? Jawaban terbaik tentunya adalah dengan menggunakan software atau aplikasi manajemen stok yang selalu siap membantumu untuk mengelola stok atau persediaan barang dagangan tanpa harus pusing dengan berbagai kendala yang ada.

Namun, kalau kamu sudah tahu solusinya, muncullah pertanyaan selanjutnya : Apa saja yang harus kamu pertimbangkan saat akan memilih dan menggunakan aplikasi manajemen stok untuk mengelola persediaan barang dagangan bisnismu?

1. Fitur yang Tersedia

Hal pertama tentunya menjadi pertimbangan dasar untuk memilih aplikasi manajemen stok untuk bisnismu. Kini, sudah tersedia banyak aplikasi yang menawarkan fitur yang variatif dan serba otomatis serta memiliki keunikannya masing-masing. Semuanya bisa kamu pertimbangkan kembali tergantung pada aplikasi mana yang mampu menjawab kebutuhan bisnismu.

2. Kemudahan Penggunaan

Kamu harus selalu memastikan bahwa aplikasi manajemen yang kamu pilih bukan hanya unggul dalam segi fitur dan fungsi, tetapi juga memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dan mudah dioperasikan. Pada akhirnya, kamu menginginkan aplikasi yang mudah digunakan dengan tampilan yang tidak rumit dan ruwet serta terlalu ‘ramai’, karena hal ini cukup dapat menghambat kinerjamu dalam mengelola stok.

3. Harga

Setelah kamu sudah cocok di dua hal sebelumnya, hal ketiga yang perlu dilihat dan dianalisa adalah harga. Apakah menurutmu harga yang ditawarkan sepadan dengan fitur dan kualitas aplikasi yang disediakan, atau apakah ada aplikasi lain yang memiliki harga yang lebih bersaing dan murah dan menawarkan fitur dan aplikasi yang sama baiknya. Sesuaikan juga dengan budget yang kamu alokasikan untuk menggunakan aplikasi manajemen stok.

4. Sistem

Di era masa kini, setiap aplikasi memungkinkan satu anggota dengan anggota tim lain berkolaborasi dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Nah, jangan lupa untuk memerhatikan apakah sistem di aplikasi yang kamu pilih sudah mendukung kolaborasi. Selain itu, aspek lain adalah terkait integrasi dan sinkronisitas yang baik dan tepat.


Itulah beberapa komponen yang perlu kamu pertimbangkan ketika akan memilih dan menggunakan aplikasi manajemen stok. Sekarang ini, ada begitu banyak aplikasi manajemen stok yang tersedia di pasaran dengan beragam fitur dan keunggulannya masing-masing. 

Salah satunya yaitu Onstock, yang menawarkanmu beragam fitur unggulan seperti reminder untuk produk yang hampir habis dan hampir kadaluarsa, kustomisasi barcode produk, rekap data penjualan di online store, pembuatan laporan otomatis, hingga laporan barang retur dan fitur multi-lokasi yang memungkinkan kamu dan tim kamu untuk mengelola data stok secara bersamaan. Terlebih lagi, dengan user interface yang mudah digunakan dan harga yang terjangkau, kamu tidak perlu ambil pusing lagi saat mengelola persediaan barang daganganmu, karena Onstock siap membantu meringankan bebanmu sewaktu mengelola persediaan barang dagangan!

author0
teknologi id bookmark icon
author

Onstock Indonesia

Onstock Indonesia

Tinggalkan Komentar

0 Komentar