TikTok Akan Gugat Keputusan Donald Trump ke Pengadilan

Alda Yuriska . August 10, 2020

Foto: Business Insider

Teknologi.id - Perseteruan antara TikTok dan pemerintahan Donald Trump sepertinya akan berujung ke pengadilan. Pasalnya, TikTok dikabarkan akan melayangkan gugatan terhadap pemerintah Amerika Serikat pada Selasa mendatang.

Gugatan yang dilayangkan oleh perusahaan asal Tiongkok ini tak lain dan tak bukan karena perintah eksekutif Presiden Donald Trump yang melarang mereka untuk beroperasi dan berbisnis di AS.

Kabar ini pertama kali tercium dari seorang sumber anonim yang terlibat dalam proses hukum tersebut dan mengatakan bahwa gugatan ini akan didaftarkan TikTok di pengadilan AS di California Selatan yang mana merupakan lokasi markas bisnisnya di AS.

Baca Juga: Microsoft Bakal Akuisisi TikTok, Trump Beri Waktu 45 Hari

Dilansir dari NPR (10/08/2020), gugatan ini akan berisi tentang tindakan pemerintah AS yang tidak sesuai dengan konstitusi karena tidak memberikan TikTok kesempatan untuk merespon perintah eksekutif yang dilayangkan kepada mereka beberapa hari lalu.

Selain itu, pihak TikTok juga menilai alasan pemerintah AS memblokir TikTok karena alasan ancaman terhadap keamanan nasional tidak berdasar.

"Perintah tersebut juga tidak memiliki temuan fakta dan hanya berdasar kepada anggapan tentang China yang telah beredar di masyarakat," kata sumber tersebut.

Baca Juga: WeChat Diblokir Trump, Bisnis Apple di Cina Terancam

Sebelumnya, Trump diketahui telah menandatangi perintah eksekutif yang berisi larangan perusahaan AS untuk bertransaksi dengan TikTok dan ByteDance dalam waktu 45 hari karena alasan keamanan nasional terkait teknologi informasi dan komunikasi.

Kabar ini pun sontak membuat TikTok terkejut dan mengatakan akan melawan keputusan ini. Bahkan pihak TikTok juga mengatakan mereka akan menempuh jalur hukum jika diperlukan.

(ay)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Related News