author photo
Cecillia Santi Suksesi
July 16, 2020

Social Movement Product Based; Merancang Produk Saat Pandemi

 

Hampir dua tahun saya bekerja di sebuah perusahaan koorporate bidang kesehatan, bulan April 2020 saya mendapat kesempatan untuk berkarir di start up. Keputusan untuk banting stir ke start up kala itu sangat dilematis, disatu sisi sangat senang dan excited dengan kesempatan pengembangan karir yang dijanjikan namun khawatir juga karena waktu itu awal mula pandemi melanda Dunia dan Indonesia. Prinsip saya, jalanin aja dulu. hehe..


Selain mempersiapkan diri memasuki dunia start up, awal-awal pandemi saya sibukan diri dengan bergabung bersama volunter masker untuk semua. Sebuah gerakan yang digagas Belva Devara, Founder Ruang Guru yang kala itu masih menjabat sebagai staf khusus Presiden Republik Indonesia. 


Belva, berinisiatif untuk membuat sebuah gerakan masker kain untuk semua. Ide ini tercetus karena pentingnya masker untuk melindungi diri dari virus dan kelangkaan masker medis di pasaran. Setelah melakukan riset dan melihat beberapa literatur ilmiah didapatkan fakta bahwa masker kain mampu melindungi diri dengan persentasi 70%. 


WEBSITE DESIGN GERAKAN MASKER KAIN UNTUK SEMUA



Penjelasan User

Target Usernya adalah yang pertama adalah Masyarakat Umum. Masyarakat yang akan membantu membuat Masker DIY. Masyarakat umum yang ingin berpartisipasi dan membeli masker. Lalu user kedua adalah UMKM / Konveksi UMKM yang akan membantu memproduksi dan menjual Masker DIY dengan bahan & desain yg tepat dan harga yang masuk akal. Yang ketiga adalah Calon Relawan Orang-orang yang mau menjadi relawan untuk membantu sosialisasi, pendataan, dan distribusi masker.


Ilustrasi untuk menyampaikan pesan langsung


Pemilihan Ilustrasi pada header diharapkan mampu menyampaikan pesan langsung bahwa masker kain untuk orang awam (non medis) dan dapat dipakai semua umur. Pesan dari Bapak Presiden Jokowi juga menambah kesan bahwa gerakan ini merupakan ajuran dari beliau. 


Penjelasan Mengenai Program


Landing Page Tampilan Hasil Riset yang Mendukung Gerakan ini


Gerakan sosial seperti halnya percikan batu ketika dilempar ke air. Harus menciptakan gelombang agar orang lain secara sukalera ikut berpartisipasi. Untuk mendukung hal itu diperlukan riset mendalam dan penyajian informasi yang jelas agar pesan lebih tersampaikan. Dan dapat menyakinkan orang untuk ikut serta dalam gerakan ini. 


Aksi Nyata, Bentuk Partisipasi dalam Gerakan


Filter IG dan Influenser

discuss-like Like
icon bagikanShare
0 Comments

Popular Discussion

Top Mentor