Cara Ampuh Membersihkan Memori Android yang Kepenuhan

Luthfianamifta . July 03, 2020
Foto: Cnet


Teknologi.id - Di zaman milenial ini, kita sering menjumpai Android dengan kapasitas memori internal yang terbilang fantastis, mulai dari 16GB hingga 128G. Namun untuk Android yang mungkin masih memiliki internal kurang dari 16GB, kadang memiliki kendala saat ingin meng-install aplikasi baru yaitu "Your storage device is full" yang berarti memori internal kamu penuh. 

Mendapat notifikasi kapasitas memori yang penuh merupakan salah satu hal paling menyebalkan di era teknologi sekarang ini. Apalagi jika notifikasi itu muncul ketika sedang merekam video momentum penting. Tentu akan menyebalkan sekali. Kalian bisa saja menambah kapasitas memori dengan microSD eksternal. Lantas, bagaimana jika memori itu juga telah maksimal digunakan atau ponsel kalian tidak dibekali fitur tambahan memori via microSD?

Baca juga: Twitter Hentikan Penggunaan Kata-kata Rasis dalam Kode Programnya


Foto: techadvisor.co.uk


Berikut ini beberapa trik yang bisa dilakukan untuk memberikan ruang yang lebih luas di memori smartphone Android:

1. Hapus cache dan data pada aplikasi

Langkah ini pas untuk kalian yang ragu untuk menghapus aplikasi di smartphone. Cukup kunjungi "Settings", "Storage", lalu pilih "Apps". kalian akan menemukan opsi "Clear Data and Clear Cache". Kalian juga bisa melihat sebanyak apa cache dan database suatu aplikasi ini meraup memori. Setelah menghapus cache dan database, aplikasi akan kembali seperti pertama kali kalian menginstalnya. Misalnya saja, untuk Facebook akan otomatis keluar atau log out setelah menghapus cache dan database sehingga kalian harus log in kembali.

2. Sinkronisasi foto dan video ke Cloud

Bagi Anda yang doyan selfie dan merekam video, perlu diketahui bahwa dua konten itu cukup besar meraup memori internal ponsel. Jika tak tega menghapus foto dan video kenangan, opsi yang bisa dilakukan adalah menyinkronkan konten-konten itu ke Cloud. Untuk Android, salah satu layanan Cloud yang disediakan untuk foto dan video adalah Google Photos.

Sebelum mengunggah file foto tersebut, tidak ada salahnya kalian menggunakan jaringan Wi-Fi. Pasalnya, fitur yang satu ini cukup memakan data internet. Cara sinkronisasinya mudah, pilih "Settings" lalu pilih "Backup & Sync". Selanjutnya, klik pilihan "Free Up Space" untuk menghapus foto dan video di galeri yang sudah disalin ke Google Photos.

Baca juga: 6 Aplikasi Browser Terbaik untuk Pengguna Android

3. Hapus data dari browser

Rekam jejak dalam berselancar di internet akan tersimpan dan sedikit banyak juga meraup memori smartphone. Karenanya, ada baiknya menghapus data dari browser mobile secara berkala. Pada browser Chrome di Android, cukup memilih "Settings", "Privacy", lalu "Clear Browsing Data". Selanjutnya, centang data apa yang ingin dibersihkan. Pilihannya ada history, cookies dan data situs, cache foto dan file, serta password yang tersimpan.

4. Hapus film dan playlist musik offline

Mekanisme bersih-bersih ini berlaku bagi kalian yang rutin menjajal aplikasi video atau musik on-demand semacam Netflix dan Spotify. Baru-baru ini Netflix menyediakan opsi untuk menonton secara offline dengan mengunduh konten hanya ketika terhubung Wi-Fi atau terkoneksi internet cepat. Perlu diperhatikan bahwa pengunduhan ini menyebabkan film tersimpan dalam memori smartphone. File film umumnya berkisar 2 GB, tentu memori akan cepat habis. Sebaiknya hapus film setelah ditonton yaa.

Selamat mencoba!

Baca juga: Facebook Akui 5.000 Developer Mengakses Data Pribadi Penggunanya

(lm)



author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Related News