Update Windows Sebabkan Email Menghilang, Berikut Cara Mengatasinya

Indah Mutia Ayudita . June 29, 2020

Ilustrasi. Foto: Getty Images/Lightrocket

Teknologi.id - Dilaporkan oleh Windows Latest pada Kamis (25/6) lalu, beberapa email milik pengguna Gmail yang menggunakan aplikasi mail bawaan pada Windows 10 terhapus, atau masuk ke dalam folder spam secara otomatis.

Salah seorang pengguna mengaku menemukan permasalahan ini setelah mengirim email. Email yang dikirim menghilang dan tidak bisa ditemukan dimanapun, baik di folder email terkirim, kotak keluar, folder sampah, maupun folder spam.

Email yang hilang tersebut juga tidak bisa ditemukan melalui aplikasi web Gmail. Sepertinya, email tersebut dihapus dari sisi server secara otomatis.

Baca juga: Perbarui Windows 10, Bisa Perlambat Kerja Chrome

Pada hari Sabtu (27/06) kemarin, dilansir dari Forbes, Google telah mengonfirmasi permasalahan ini merupakan dari sisi Microsoft. Ini artinya, para pengguna aplikasi mail Microsoft harus menunggu perbaikan Windows 10 lagi.

Google menambahkan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini terjadi.

1. Buka gmail.com melalui web browser

2. Pilih Settings > Filter and blocked addresses > Create a new filter

3. Pada kolom 'From' isi dengan alamat email Anda

4. Klik 'Create Filter'

5. Pada laman selanjutnya pilih 'Never send it to Spam'

6. Klik 'Create Filter'

Baca juga: Cara Mengatasi Error Pada Update Windows 10 Terbaru

Sayangnya solusi ini belum sempurna karena secara otomatis membuat dua pesan terkirim pada aplikasi mail Windows, namun setidaknya, email yang dikirim tidak hilang atau terhapus, setidaknya sampai Microsoft memperbaiki hal ini.

"Versi terakhir Windows Mail merusak pengaturan pada Gmail," kata salah seorang MVP Windows Insider.

Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan mencopot akun Gmail dari aplikasi Windows Mail atau menggunakan pengaturan IMAP manual.

Permasalahan ini kemungkinan besar disebabkan oleh update Windows 10 pada bulan Mei 2020 lalu. Microsoft sendiri belum memberikan komentar apapun terkait permasalahan ini.

(im)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Related News