Peneliti Berhasil Hidupkan Virus Mematikan Berusia 50 Ribu Tahun

Teknologi.id . November 27, 2022
Pandoravirus yedoma berusia hampir 50 ribu tahun ditemukan di permafrost 52ft (16m) di bawah dasar danau di Yukechi Alas di Yakutia, Rusia. Foto: Daily Mail

Teknologi.id - Para peneliti dari Centre national de la recherche scientifique (CNRS) atau Pusat Penelitian Ilmiah Prancis berhasil menghidupkan kembali sejumlah virus dari daratan beku atau permafrost di Siberia. Salah satu virus yang berhasil dibangkitkan yang dinamai Pandoravirus yedoma bahkan diperkirakan telah berusia hampir 50 ribu tahun atau tepatnya sekitar 48.500 tahun.

Penelitian tersebut untuk mempelajari kemunculan mikroba baru seiring dengan pemanasan global yang menyebabkan daratan beku itu mencair hingga menghidupkan kembali berbagai mikroba yang selama ini membeku.

"Seperempat belahan Bumi utara ditopang oleh tanah beku permanen, yang disebut permafrost. Karena pemanasan global, permafrost yang mencair secara permanen melepaskan bahan organik yang membeku hingga jutaan tahun, yang sebagian besar terurai menjadi karbon dioksida dan metana," tulis para peneliti dalam makalah mereka, dikutip dari Science Alert, Minggu (27/11).

Ahli mikrobiologi Jean-Marie Alempic, yang merupakan pemimpin penelitian tersebut mengatakan, virus-virus yang kembali hidup itu dapat berpotensi menjadi ancaman signifikan bagi kesehatan manusia di masa depan. Sehingga diperlukan studi lebih lanjut untuk menilai sekaligus mencegah bahaya yang dapat ditimbulkan oleh virus-virus itu jika akhirnya kembali hidup dalam jumlah banyak nantinya.